Mengeja Indonesia

Albert Camus: Eksistensialisme dan Absurditas (Kisah Sisyphus dan Prometheus)9 min read

Membaca karya Albert Camus untuk pertama kalinya mengejutkan saya dan pikirannya. L’Etranger (orang asing) adalah salah satu karyanya yang sangat saya kagumi. Albert Camus membawa saya ke dalam suasana membaca melalui L’Etranger, yang penuh dengan cita rasa sebagian besar film independen, tetapi naskah yang menyedihkan dan tanpa harapan ini membuat frustasi, seperti menyendiri dan mengeksplorasi makna kehidupan Anda sendiri.

Albert Camus berusia 46 tahun, lahir di Aljazair pada 7 November 1913, dan meninggal pada 5 Januari 1960 di Villeblevin (masa jajahan Prancis). Ia tewas dalam kecelakaan saat mobil yang dikendarainya bersama penerbit bernama Michelle Gallimard menabrak pohon. Camus terkenal dengan novel pertamanya “L’Etranger” dan mulai menerima penghargaan seperti Hadiah Nobel Sastra 1957. Camus memperkenalkan pemikirannya melalui novel “L’Etranger” dan mendirikan sekolah filosofis eksistensialisme atau absurdisme.

Menurut saya sulit untuk memahami pemikiran Camus karena Camus tidak menjelaskan secara jelas dan sistematis apa itu absurdisme. Ada banyak asumsi bahwa Camus lebih akurat diklasifikasikan sebagai penulis daripada filsuf, karena penggunaan metaforis dan pernyataan berlebihan biasanya tidak masuk akal. Namun Camus menciptakan filosofi dalam gaya sastra, yang tidak hanya menyampaikan pemikirannya, tetapi juga mengajak pembaca untuk merasakan atmosfer pemikirannya. Sebagai seorang filsuf, Camus dapat mengungkapkan pemikirannya secara konkrit dalam bahasa emosional.

Saat membaca L’Etranger, kita menemukan ungkapan yang biasanya menggambarkan situasi abnormal pada manusia. Sebelum menjelaskan betapa konyolnya kehidupan Camus, saya akan memperkenalkan secara singkat konten L’Etranger. “L’Etranger” adalah novel yang ditulis oleh Camus pada tahun 1942. Novel ini mengisahkan tentang tokoh fiksi yang bernama Meursault.

Meursault adalah karakter dengan peran yang melankolis, ceroboh, negatif, atau saya katakan dia tidak memiliki semangat hidup. Sifat Messo tercermin dalam kesehariannya. Kutipan awal dari novel ini tidak pantas dan tidak berarti dalam kehidupan Mersault. Ketika kebanyakan orang menangis dan mendengar berita dengan sedih, orang yang mereka cintai memiliki contoh kematian, peran Mersault biasa saja, seolah-olah tidak ada yang terjadi. Mursoe menyadari bahwa ketika ibunya pergi atau tidak ada, dia akan terus menjalani hidupnya, dan tidak ada yang berubah. “Etrange” menulis: “Sekarang ibu saya dimakamkan, saya akan terus bekerja”. Contoh kedua adalah bagaimana Meursault memandang orang dan realitas berdasarkan persepsi mereka.

Hobi Meursault adalah melihat orang-orang sibuk di jalan melalui kacamata di apartemennya yang sempit. Meursault memandang mereka dan mengira tetangga di jalan adalah aktor teater dalam sebuah pertunjukan, ya, itu pertunjukan untuknya. Semua yang diamati Meursault, seperti manusia, hewan, kendaraan, bangunan, bahkan suasana dan waktu yang ia amati. Dia menilai karakteristik dari semua materi yang dilihatnya. Messault, yang melihat realita dihadapannya, mengira dia adalah “orang asing” disana, karena dia belum menjadi kesibukan di jalan yang sibuk (orang yang penuh dengan kenyataan), dia hanya mengamati jalan dan memikirkan orang yang ada di jalan Orang, jadi kenyataannya tidak demikian. Misalkan Mersall ada dalam kehidupan pada saat itu.

Hal absurd yang ingin diungkapkan Camus adalah bahwa Murso menyadari bahwa dia berbeda dari lingkungannya. Meursault sepertinya sedang memikirkan mengapa orang melakukan rutinitas daripada mengikuti rutinitas yang harus dilakukan manusia. Dia satu-satunya yang menolak lingkungan.

Suatu ketika, Meursault dan teman-temannya sedang berlibur di pantai. Liburan Meursault berantakan karena salah satu temannya bermasalah dengan orang Arab. Ketika suasana terkendali, Meursault mendekati seorang Arab yang sedang menikmati hidup di pantai dan menembaknya tiga kali, membunuhnya. Setelah membunuh orang itu, Mursall tidak merasa terintimidasi atau ditakuti, secara implisit dapat dikatakan bahwa Mursall sekarang tahu bagaimana rasanya dibunuh, seperti jawaban yang dicari-cari orang. Mursall pun rela pasrah dan masuk penjara. Saat di penjara, Mursoe masih belum mengubah apapun. Dia merasa hidup berjalan sesuai rencana semula. Menurutku ini adalah hidup yang tidak berarti.

Baca Juga:  Filsafat Hukum: Bagaimana Kita Memaknai ‘Keadilan’ Saat Ini?

Selama persidangan, Messo juga merasa biasa saja, tidak ada yang membuatnya senang, sedih atau apapun. Dia menjawab semua pertanyaan bagus yang diajukan oleh hakim, juri bahkan jaksa. Murso yang acuh tak acuh berkata bahwa dia membunuh orang-orang Arab, tapi bukan karena kebencian atau keinginan untuk membunuh. Sebagian besar pertanyaan yang diajukan juga mengganggu Mersall. Pertanyaan-pertanyaan ini tidak ada hubungannya dengan penembakan, tetapi mengarah pada kehidupan pribadinya. Publik menganggap ini tidak wajar dan asing. Misalnya, mengapa sang ibu tidak merasa sedih setelah kematiannya atau mengapa ? Anda memotret orang Arab, mengapa tidak memotret orang Arab? Pada akhirnya, Murso dinyatakan bersalah, dan dieksekusi karena penasaran sedang melepas pelatuk pistolnya.

Di akhir novel “L’Etranger” menulis: “supaya semua tereguk, sehingga aku tidak merasa kesepian. Aku hanya berharap banyak penonton yang akan datang dan menyambutku di hari aku dieksekusi dan agar mereka menyambutku dengan meneriakkan cercaan-cercaan”.

Pada akhir novel L’Etranger tertulis, “supaya semua tereguk, supaya aku tidak merasa terlalu kesepian, aku hanya mengharapkan agar banyak penonton datang pada hari pelaksanaan hukuman matiku dan agar mereka menyambutku dengan meneriakkan cercaan-cercaan”.

Kisah Mursoe sangat memilukan. Meursault sebenarnya hanyalah seorang pemuda yang melanggar adat istiadat sosial, karena dia mulai menyadari ketidakberartian hidup dan menjadi orang asing. Hidup itu konyol! Messo percaya bahwa jalan hidup masih panjang. Pada saat yang sama, fenomena atau peristiwa dalam kehidupan hanyalah sebuah sebuh tempat persingahan sementara seperti pom bensin, setelah itu kita melanjutkan perjalanan lagi. Tidak ada yang bisa dibanggakan.

Camus juga menjelaskan bahwa jika tokoh fiksi ini memilih menjadi manusia nyata sesuai dengan keinginannya sendiri, maka ia akan mengatakan apa yang diinginkannya, tidak akan menjadi palsu di masyarakat, dan tidak akan berbohong pada perasaannya, sehingga sikap tersebut akan mengasingkan dirinya. Seseorang yang nyata akan menunjukkan sikap berikut, seperti tidak merasa sedih akan kematian, berusaha memahami dan merasakan anggapan jahat tentang pembunuh, tidak melakukan konstruksi sosial, dan Meursault ingin melawan kesepian. Meursault mengajarkan bahwa hidup tampaknya terus ada atau bukan fenomena. Jika masih panjang jalan yang harus dilalui, tidak perlu lagi menganggap fenomena besar, atau sekadar fenomena yang membutakan fantasi dalam kehidupan saat ini. Meursault terus berjalan tanpa perasaan.

Absurditas dapat diartikan sebagai kondisi bahwa manusia tidak dapat menentukan tujuan dan makna hidupnya sendiri, bahkan dapat secara spesifik didefinisikan sebagai kondisi ketidaktahuan hidup dan untuk apa manusia hidup. Bagi Camus, ambiguitas tujuan hidup adalah hal yang absurd. Ketika prospek masa depan orang masih sangat abstrak, contoh manusia yang paling sederhana tidak dapat mengetahui seperti apa masa depan nantinya.

Camus menjelaskan melalui gambar Meursault bahwa ada terlalu banyak hal yang tidak bisa dipahami dan tidak wajar dalam hidup ini, seperti contoh abstraknya masa depan. Meursault menyadari hal ini, jadi dia memilih untuk menjalani hidup sebagai mana adanya tanpa menganggap hidup adalah sesuatu yang hebat. Orang absurd seperti Meursault adalah orang yang hidup untuk saat ini dan meninggalkan masa lalu dan masa depan.

Kisah Mitologi Mengenai Absurdisme

Saat menjelaskan absurdisme, Camus menggunakan kisah mitos Sisyphus untuk menggambarkan absurdisme. Kisah mitos ini menceritakan seorang raja dari Corinth bernama Sisyphus, yang dikutuk oleh Zeus untuk mendorong batu ke puncak gunung selamanya. Sejauh ini mitos ini banyak versi nya, beberapa orang mengatakan bahwa Sisyphus dikutuk karena memainkan aturan kematian. Ada juga cerita bahwa Sisyphus membocorkan rahasia Zeus dengan imbalan makan. Beberapa orang mengatakan bahwa Sisyphus dikutuk karena dia melihat Zeus menculik putri Asopus, Aegina untuk dinikahinya, Sisyphus melaporkannya kepada dewa sungai. Terlepas dari bentuk konfliknya, Sisyphus tetap dikutuk oleh Zeus dan diasingkan ke Tartarus untuk terus mendorong batu hingga ke atas selamanya. Batu yang didorong oleh Sissyphus tidak berhenti menggelinding, ketika Sisyphus mencoba mendorongnya ke atas, batu itu menggelinding kembali, dan Sissyphus harus mendorongnya kembali ke atas, dan seterusnya.

Baca Juga:  Dialektika dan Filosofi Hegel
Sisyphus yang dikutuk oleh Zeus untuk mendorong batu ke puncak gunung selamanya

Camus berkata: it is during that return, that pause, that Sissyphus interests me. That is the hour of consciousness.” Bagi Camus, manusia itu sebenarnya adalah karakter Sissyphus. Kesadaran manusia adalah bahwa hidup adalah sesuatu yang tanpa makna dan tujuan. Camus tidak menganggap kejadian ini sebagai kutukan atau penderitaan, tetapi inilah kehidupan manusia.

Manusia adalah Sisyphus yang punya bebatuan sendiri dan ingin sekali mendorongnya ke atas sampai mereka melihat bebatuan yang didorong oleh kita berguling ke bawah lagi, tahu bahwa bebatuan di atas akan berguling lagi, kenapa masih ada keinginan untuk mendorong kembali ke atas?

Camus menjawab bahwa ini adalah hidup yang tidak berarti, karena manusia hanya perlu mencari nafkah tanpa mengetahui apa itu hidup. Jika saya bahasakan, jika hidup hanyalah sebuah perjalanan yang harus ditempuh, maka ketidakberartian hidup adalah kondisi kesadaran manusia. Kesadaran bahwa hidup sejatinya berjalan begitu adanya, tentang sebuah fenomena hanyalah suatu hal sesaat. Batu yang didorong Sisyphus adalah kehendak manusia seketika. Meski tidak mengubah kehidupan yang tidak berarti ini, manusia cenderung mematuhinya.

Camus memang absurd, ia berpikir tidak wajar dan bertentangan dengan budaya sosial. Banyak asumsi yang membuat absurdisme Camus terlihat sedih, putus asa, tidak berarti, dan pesimis. Melihat kisah Sisyphus, banyak orang yang mengira bahwa kutukan mendorong batu adalah siksaan dan hanya bisa diselesaikan dengan bunuh diri. Tapi Camus menolak hipotesis ini. Dia berkata: “the struggle itself towards the heights is enough to fill a man’s heart. One must imagine Sissyphus happy.” Ketidakbermaknaan hidup dapat dijalani ketika kita manusia menganggap kehidupan ini menyenangkan. Camus menekankan bahwa kisah Sisyphus adalah kita harus menyadari bahwa Sisyphus suka mendorong batu. Camus tidak mengalah pada kematian, ia memberikan solusi atas ketidakberartian hidup dengan berpikir bahwa hidup adalah hal yang menyenangkan.

Ada mitos yang mengatakan bahwa kutukan abadi memiliki tragedi yang sama, tetapi sikap terhadap kutukan sangat berbeda. Yakni kisah Sisyphus dan kisah Prometheus. Dalam mitologi Yunani, Prometheus dikutuk oleh Zeus karena mencuri api, yang kala itu disembunyikan dari manusia, apa tersebut milik Zeus dan diberikan kepada manusia. Zeus menghukum Prometheus dengan mengikat Prometheus di Pegunungan Kaukasia, dan perutnya dicabik oleh elang. Tetapi ini hukuman ini kekal, bekas luka cabikan elang sembuh kembali, dan dicabik elang kembali saat luka Prometheus sembuh. Namun dalam mitologi Yunani, Sisyphus tidak seberuntung Prometheus, karena Prometheus akan diselamatkan oleh Hercules di masa depan.

Zeus menghukum Prometheus dengan mengikat Prometheus di Pegunungan Kaukasia, dan perutnya dicabik oleh elang.

Bagian penting dari cerita ini adalah ketika Prometheus dikutuk, yang paling dia inginkan adalah kematian. Prometheus berharap kematian lebih baik daripada mematuhi hukuman abadi sampai keberuntungan menghampirinya untuk bertahan hidup. Berbeda dengan Prometheus, Sissyphus lebih menganggap hukumannya adalah kesenangan. Dan yang khas dari Camus ialah di tengah-tengah ketidakmampuan penolakan terhadap suatu kondisi kita harus mampu menjalaninya, sama dengan Sissyphus.

Redaksi

Mengeja Indonesia adalah sebuah gerakan yang otonom dan nirlaba, mengangkat isu-isu fundamental bangsa.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.