Mengeja Indonesia

Mengapa Harus Belajar Filsafat?3 min read

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apa tujuan hidup? Atau ajukan pertanyaan, mengapa saya ada? Memang agama memberikan jawabannya. Tapi apakah Anda puas dengan jawaban yang diberikan oleh agama?

Jika Anda tidak puas dengan kepercayaan atau tradisi agama Anda, maka mempelajari filsafat adalah sesuatu yang harus Anda lakukan. Setidaknya dengan mempelajari filsafat, Anda dapat menemukan cara yang lebih tepat untuk memahami dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut.

Menurut saya, filosofi bukan sekedar subjek. Filsafat adalah tindakan, aktivitas. Filsafat adalah kegiatan berpikir mendalam tentang masalah-masalah besar dalam kehidupan manusia (apa tujuan hidup, apakah Tuhan ada? Bagaimana mengatur organisasi dan masyarakat, dan bagaimana menjalani kehidupan yang baik), dan berusaha secara rasional dan kritis, Jawab pertanyaan ini secara sistematis.

Menurut catatan, filsafat telah ada selama lebih dari 2.000 tahun dan tidak dapat (tidak akan pernah) memberikan jawaban yang pasti dan mutlak, karena filsafat tidak dapat memberikan jawaban yang mutlak, tetapi memberikan cara berpikir yang lain.

Saat mempelajari filsafat, Anda akan bertemu dengan pemikiran para filsuf besar sepanjang sejarah manusia. Sebut saja nama-nama pemikir besar, seperti Plato, Aristoteles, Emanuel Kant, Thomas Aquinas, dan Jacques Derrida. Seperti yang kita ketahui sekarang, ide mereka membentuk dunia.

Beberapa mata pelajaran yang diajarkan antara lain filsafat moral, filsafat ilmiah, filsafat budaya, filsafat politik, filsafat sejarah, logika, eksistensialisme, dll. Anda juga akan diundang untuk mempertimbangkan keadilan global, teori demokrasi, dan etika biomedis. Bagi para profesional, filsafat juga sangat berguna untuk memperluas cakupan pemikiran.

Kemampuan Dasar

Dengan mempelajari filsafat, Anda akan memperoleh keterampilan berikut: Berpikir secara mendalam dan kritis, membentuk argumen dalam bentuk lisan dan tulisan secara sistematis dan kritis, mengkomunikasikan gagasan secara efektif, dan mampu secara logis memikirkan masalah yang selalu tidak dapat diprediksi dalam hidup .

Dengan mempelajari filsafat, Anda akan dilatih menjadi pribadi yang utuh, mampu berpikir secara mendalam, rasional dan komunikatif. Tidak peduli di jurusan apa Anda, Anda membutuhkan keterampilan ini. Di sisi lain, dengan mempelajari filsafat, Anda juga akan memiliki pengetahuan luas yang mencakup lebih dari 2000 tahun sejarah manusia.

Kemampuan berpikir logis dan abstrak, membentuk argumen secara rasional dan kritis, dan mengkomunikasikan ide secara efektif, kritis dan rasional, akan memungkinkan Anda untuk terlibat dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk pertukaran informasi, berita, penerbitan, konsultasi, dan pendidikan. , Keyakinan agama atau menjadi pengusaha.

Pengacara, praktisi hukum, praktisi pendidikan, pemuka agama dan praktisi bisnis akan memperoleh wawasan yang sangat luas, yang sangat berguna untuk mengembangkan diri dan karir mereka. Jika Anda benar-benar ingin mendalami filsafat, Anda bisa melanjutkan studi untuk gelar master dan doktor, lalu mengajar filsafat.

Kemampuan Spesial

Dengan mempelajari filsafat, Anda akan dapat melihat masalah dari semua aspek, berpikir kreatif, kritis dan mandiri, dapat mengatur waktu dan diri Anda sendiri, serta dapat berpikir secara fleksibel untuk mengubah kehidupan.

Filsafat mengundang Anda untuk memahami dan mempertanyakan gagasan tentang kehidupan, nilai-nilai kehidupan, dan pengalaman kita sebagai manusia. Kami juga secara kritis, rasional dan mendalam membahas berbagai konsep yang akrab dengan kehidupan kita, seperti kebenaran, akal dan keberadaan kita sebagai manusia.

Filsafat terbuka. Demikian pula, filsafat tidak dapat memberikan jawaban mutlak dalam sejarah. Filsafat menantang, pertanyaan dan transformasi diri. Ini sepenuhnya sejalan dengan semangat pendidikan yang sebenarnya.

Filsafat mengajarkan kita untuk menganalisis dan mengemukakan gagasan dengan jelas dan masuk akal. Filsafat mengajarkan kita untuk mengembangkan dan mempertahankan ide-ide secara sehat, tidak hanya mengandalkan kekuatan otot atau semata-mata mengandalkan kekuatan otoritas politik.

Filsafat adalah bagian penting dari kepemimpinan. Dengan belajar berpikir logis, berpikir seimbang, berpikir kritis, berpikir sistematis dan berkomunikasi, Anda akan menjadi pemimpin yang ideal, yang dibutuhkan di semua bidang di Indonesia saat ini. Apa yang kamu tunggu? Mari kita belajar filosofi!

 68 total views,  2 views today

Redaksi

Mengeja Indonesia adalah sebuah gerakan yang otonom dan nirlaba, mengangkat isu-isu fundamental bangsa.

Add comment

Highlight option

Turn on the "highlight" option for any widget, to get an alternative styling like this. You can change the colors for highlighted widgets in the theme options. See more examples below.

Flag Counter