Mengeja Indonesia

Hidup Sehat Selama Pandemi4 min read

Di masa pandemi seperti ini banyak sekali aktivitas kita diluar rumah yang harus ditunda agar dapat menekan penurunan angka positif Covid-19. Keterbatasan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah membuat pola hidup kita terkadang tidak teratur dan tingginya rasa malas menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu penyebab menurunnya metabolisme dan daya tahan tubuh yang ada di dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, di masa pandemi seperti ini kita harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari virus Covid-19 dan berbagai macam penyakit lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

  1. Berolahraga di Pagi Hari

Olahraga di pagi hari sangatlah penting untuk meregangkan otot-otot sebelum melakukan aktivitas. Melakukan olahraga dipagi hari sangatlah bagus untuk kesehatan. Selain dapat merenggangkan otot-otot, melakukan olahraga di pagi hari juga mendapat udara sejuk yang nikmat dan baik untuk pernapasan. Olahraga yang perlu dilakukan sebelum beraktivitas cukup dengan olahraga ringan seperti berlari, bersepeda, push up, sit up dan lain sebagainya.

Tidak perlu terlalu lama, kurang lebih 30 menit saja sudah cukup sebagai awalan untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Setelah olahraga hendaknya berjemur dibawah sinar matahari untuk mendapatkan kekebalan tubuh dan memperoleh vitamin D yang bermanfaat sebagai kesehatan tulang. Tetapi jangan terlalu lama berjemur dibawah sinar matahari karena dapat menimbulkan risiko kanker kulit. Cukup 15-20 menit saja untuk memperoleh vitamin D dan kekebalan tubuh. Setelah melakukan aktivitas di pagi hari hendaknya minum 1-2 gelas air putih untuk mengganti cairan tubuh yang keluar.

  1. Makan Sehat dan Tepat Waktu

Pola makan yang sehat dan teratur juga harus dilakukan agar menjaga pola hidup yang sehat. Hindari makanan cepat saji dan berlemak serta makanan berkalori tinggi. Cukup dengan memakan makanan empat sehat lima sempurna secara teratur, dan banyak makan sayuran dan buah-buahan agar stamina dalam tubuh dapat terjaga.

Jangan lupa menambah suplemen-suplemen vitamin seperti vitamin c yang dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Dimasa pandemi ini kita harus menjaga pola makan yang baik agar terhindar dari virus. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi secara teratur akan dapat menambah daya tahan tubuh serta menjadikan tubuh yang sehat dan kuat untuk menangkal virus.

  1. Hindari Stress
Baca Juga:  Gangguan Digital dan Dampak Teknologi Komunikasi

Stress merupakan salah satu hal yang dapat menurunkan imunitas di dalam tubuh kita. Oleh karena itu itu kita harus menghindari diri dari berbagai macam stress yang dapat disebabkan oleh overthinking, banyaknya pekerjaan, dan tekanan dari orang lain . Untuk meredakan dan menghindari stres dapat melakukan hal-hal seperti menonton film bersama keluarga, bercanda dan berinteraksi dengan kerabat serta keluarga, dan melakukan hal-hal yang dapat menghilangkan beban pikiran.

Tetapi, lebih ketika berinteraksi dengan teman dan kerabat sebaiknya tidak bertemu langsung untuk menghindari kerumunan. Di era serba digital ini kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi jarak jauh yang dapat menjaga tali silatuhrahmi dengan teman dan kerabat. Bermain game online juga dapat membantu menghilangkan stress dan beban pikiran yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Tetapi, bermain game online juga tidak boleh terlalu lama yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Sebaiknya tetap membatasi waktu bermain dan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Pola hidup sehat yang sangat penting dilakukan pada saat pandemi adalah menjaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup yang bersih maka resiko terjangkit berbagai macam penyakit dan virus salah satunya adalah virus Corona yang sedang mewabah ini dapat di minimalisir.

Hal yang harus dilakukan adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, memakai masker bila keluar rumah serta saat berinteraksi dengan orang lain, dan menjaga jarak agar terhindar dari virus Corona. Selain itu kita juga harus membersihkan barang-barang yang sering dipakai secara rutin agar menghilangkan bakteri dan virus yang menempel. Sangatlah penting bagi kita untuk mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari penyakit dan virus, serta menekan penyebaran virus Covid-19.

  1. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan aktivitas seharian maka kita harus beristirahat dengan cukup. Jangan tidur terlalu malam dan begadang jika besok akan melakukan aktivitas kembali. Kurang istirahat dapat menurunkan imunitas tubuh dan juga mengundang resiko penyakit lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Oleh karena itu, beristirahat yang cukup memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan serta dapat menyegarkan tubuh untuk melakukan aktivitas kembali. Sebaiknya tidur selama 7-8 jam agar mendapat tidur yang berkualitas.

Baca Juga:  Jalani Pancasila Seperti Air Mengalir

Nah, itu dia beberapa tips untuk menerapkan pola hidup sehat selama pandemi. Hal-hal berikut diharapkan bisa menjadi candu yang positif bagi kita agar mendapat daya tahan tubuh yang baik dan sehat. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan diharapkan agar tetap menjalani pola hidup sehat jika pandemi telah usai. Stay safe for al

Dandi Anugrah Pratama

Saya Dandi Anugrah Pratama usia 19 tahun dan seorang mahasiswa di Politeknik Ketenagakerjaan.

1 comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.